Hukum

Pahami segi Hukum dalam mempersiapkan pernikahan.

Keuangan

Cek pengaturan keuangan diri dan pasangan anda.

Medis

Bangun kebiasaan hidup sehat dan cegah penyakit.

Psikologi

Belajar berkomunikasi, memahami diri sendiri dan pasangan.

Umum

Topik-topik yang umum dan kira nya berguna untuk kita ketahui.

Home » Medis

Kenal Lebih Dekat Dengan Toksoplasma

Submitted by on October 2, 2013 – 12:00 pmNo Comment

pregnant-woman-feeding-canned-avoiding-toxoplasmosis

Image source: here

 

Jangan pelihara kucing , nanti kena tokso loh!

Sebentar lagi mau merit kan? Jangan makan steak dong, nanti kena tokso, bahaya pas hamil.

Aku sama calonku suka banget sayuran mentah, kalau kami merit nanti musti di stop ya supaya ga kena tokso.

Tokso itu cuma bahaya buat perempuan aja.

 

4 kalimat di atas sepertinya cukup sering didengar ya, namun betulkah pernyataan-pernyataan tersebut? Tulisan kali ini akan membahas soal Toksoplasma. Secara singkat, hal ini pernah dibahas di artikel Cek Kesehatan Sebelum Menikah: disini .

 

Toksoplasmosis disebabkan oleh parasit Toxoplasma gondii/disingkat menjadi T. gondii . Data dari CDC (Centers For Disease Control & Prevention) memperkirakan 22,5% populasi kelompok usia >12 tahun terinfeksi toksoplasma. Sementara di Indonesia, dari 54.000 kehamilan, yang terinfeksi toxoplasma sekitar 70 %. Faktanya, infeksi toksoplasma ini lebih sering terjadi di daerah yang bersuhu panas serta lembab.

Bagi orang yang sehat terinfeksi toksoplasma (untuk wanita tidak sedang hamil) dan tidak mengalami masalah imunitas (immunocompromised / immunosuppressed) seperti penderita HIV, seringkali tidak menunjukkan gejala apapun. Kalaupun menunjukkan gejala sakit biasanya ringan seperti gejala flu. Apabila wanita pernah terinfeksi toksoplasma sebelum hamil, maka janinnya akan terlindungi karena wanita tersebut telah memiliki imunitas.

 

Tapi jika wanita sedang hamil dan baru terinfeksi toksoplasma maka dapat terjadi penularan infeksi pada janinnya (congenital transmission). Berdasarkan beberapa hasil penelitian, sekitar 40% wanita hamil pengidap Toksoplasma pada awal kehamilan, janin yang dilahirkan akan terinfeksi dan 15% mengalami keguguran atau kelahiran dini.

 

Hasil penelitian lain juga mengatakan bahwa 90% bayi yang terinfeksi dapat lahir dengan normal, walaupun 80 – 90% bayi tersebut dapat menderita gangguan penglihatan sampai buta setelah beberapa bulan atau beberapa tahun setelah lahir, dan 10% dapat mengalami gangguan pendengaran. Resiko lainnya, bayi yang dilahirkan juga beresiko menderita cerebral palsy, epilepsy, pembengkakan hati & kuning (jaundice), keterlambatan perkembangan motorik serta mental.

 

Sementara bagi pria, infeksi toxoplasma dapat mempengaruhi kesuburan pria bahkan dapat menyebabkan kemandulan. Jadi T.gondii ini dapat menginfeksi sel sperma pria sehingga memperburuk kualitas sperma, mengurangi kekentalan sperma dan menurunkan kemampuan gerak sel sperma sehingga sulit mencapai sel telur wanita.

 

5-1

Image source: here

Bagaimana manusia dapat terinfeksi toksoplasma? T.gondii ditularkan melalui beberapa cara :

  1. Makan daging mentah / setengah matang yang telah terinfeksi T.gondii. Menurut CDC, terutama daging babi, daging kambing , daging domba. Selain itu bisa melalui makan bahan makanan yang tidak dimasak dan telah bersentuhan dengan daging maupun peralatan masak (terutama pisau, talenan) yang terinfeksi.
  2. Secara tidak sengaja menelan T.gondii karena kotoran/faeces kucing yang telah terinfeksi T.gondii tersebar di mana-mana (tidak terlihat) , misalnya di kandang kucing, tanah , kebun, buah dan sayur yang tidak dicuci dengan baik, atau air mentah.
  3. Wanita hamil yang terinfeksi T.gondii menularkan infeksi ke janin yang dikandungnya (congenital transmission). Dan kasus yang jarang adalah penularan melalui transfusi darah dan transplantasi organ.

 

Bagaimana caranya mengetahui seseorang terinfeksi toksoplasma? Yang utama adalah melalui tes darah (serologic test), test ini mengukur Imunoglobulin G (IgG) agar diketahui apakah seseorang terinfeksi / tidak. Bila diperlukan data lebih detil misalnya kapan infeksi ini terjadi (data yang penting bagi wanita yang sedang hamil) maka dilakukan pengukuran Imunoglobulin M (IgM) dan tes aviditas.

Secara umum orang sehat (tidak mengalami kondisi imunocompromised seperti penderita HIV/AIDS) yang terinfeksi toksoplasma tidak memerlukan pengobatan apapun. Tetapi jika gejala toksoplasma akut timbul dapat dikonsultasikan dengan dokter. Sementara bagi wanita hamil yang terinfeksi perlu diberi pengobatan AB/Antibiotik seperti spiramycin.

 

Yang terpenting adalah pencegahan ! Tips-tips berikut ini adalah usaha mencegah penyebaran infeksi toksoplasma :

200431044-001

 

Image source: here

  1. Masaklah daging sampai matang dengan baik dan selalu gunakan perlengkapan dapur yang bersih (terutama pisau dan talenan). Rekomendasi untuk memasak daging adalah memasak dengan suhu minimum 82 C dan sebaiknya dibiarkan dulu paling tidak 3 menit pasca matang sebelum dikonsumsi.
  2. Mencuci perlengkapan masak diusahakan menggunakan air hangat cenderung panas dengan sabun yang cukup terutama setelah bersentuhan dengan daging mentah dan sayur/buah yang belum dicuci.
  3. Bersihkan kandang & tempat makan kucing. Pilihan yang aman untuk makanan kucing adalah : makanan yang sudah dimasak, makanan kucing kemasan. Jadi kucing dijaga agar tidak makan daging mentah apalagi tikus/binatang liar lainnya yang berpotensi menginfeksi kucing. Juga hindari kontak langsung dengan kandang & kotoran kucing, kenakanlah sarung tangan. Saat hamil serahkan tugas mengurus kucing ini ke orang lain serta jangan mengambil kucing lain untuk dipelihara.
  4. Cuci dengan bersih (& kupas) buah dan sayuran sebelum dikonsumsi
  5. Gunakan sarung tangan saat berkebun/bersentuhan dengan tanah/pasir & rajin mencuci tangan dengan bersih
  6. Tips umum lainnya : Hindari minum air mentah , hindari minum susu segar yang belum dipasteurisasi dan produk turunannya seperti keju dan yoghurt.

 

Semoga tulisan kali ini bermanfaat, yuk biasakan pola makan dan pola hidup sehat sedini mungkin.

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.


+ 4 = 9