Home » Sebuah Awal

Sebuah Awal

Tahukah anda bahwa angka perceraian pasangan di Indonesia terus meningkat drastis? Badan Urusan Peradilan Agama (Badilag) Mahkamah Agung (MA) mencatat selama periode 2005 hingga 2010 terjadi peningkatan perceraian hingga 70 persen. Tren saat ini (berdasarkan perhitungan di tahun 2010) dari 2 juta pernikahan setiap tahun, ada 200 ribuan yang bercerai. Masalah keuangan adalah no 1 penyebab perceraian, kemudian ketidak harmonisan pribadi, perselingkuhan.

Berapa banyak dan berapa dalam individu / pasangan yang ingin menikah mencari informasi tentang data dan penyebab perceraian yang kerap terjadi dewasa ini lalu membicarakan kemungkinan hal tersebut terjadi pada pernikahan mereka kelak ?  Berapa banyak yang lalu  mempersiapkan segala pengetahuan dan ketrampilan yang diperlukan agar terhindar dari masalah tersebut?

Menikah perlu pengetahuan dan ketrampilan tentang banyak hal: mengolah relasi suami istri yang sehat, mengatur keuangan, persiapan kehamilan, mengasuh anak, hingga ke hal-hal yang sederhana tapi penting seperti memasak makanan sehat dan sebagainya. Namun seberapa banyak para single atau pasangan yang berencana menikah mempelajari hal-hal ini sebelum memulai pernikahan?

Melalui web pranikah ini kami ingin mulai mengajak kita semua, siapa pun untuk bersama-sama mempersiapkan perkawinan dan keluarga dengan lebih baik.  Keluarga adalah dasar pijakan tumbuh kembang setiap individu. Keluarga yang kokoh adalah dasar terbentuknya negara yang kokoh. Oleh karenanya pernikahan sebagai dasar tebangunnya keluarga adalah sesuatu yang amat serius dan perlu dipersiapkan dengan baik segala pengetahuan dan ketrampilan hidup yang ada di dalamnya.

Ini adalah sebuah gerakan pemberdayaan masyarakat.  Kami bukan biro jodoh dan bukan penyedia layanan jasa konseling untuk perkawinan yang sedang bermasalah.  Kami ingin mengajak siapa saja untuk menyelamatkan keluarga, menyelamatkan perkawinan jauh sebelum ijab kabul atau janji pernikahan terucap.