Home » Team

Team

team

(kiri – kanan)

Nina, Wulan, Ade, Icha, Sisca, Ibun

Kami adalah team di balik tulisan-tulisan yang Anda baca

Mari bersama selamatkan pernikahan sebelum menikah !

 

Team_Pranikah2

 Icha, Ade, Alia, Pingkan, Wulan, Nina, Sisca, Ibun

(ada satu lagi Windy sayangnya udah pulang duluan dan Monik)

Anna Surti Ariani, S. Psi, M. Psi, Psikolog

@AnnaSurtiNina

Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psikolog, lebih akrab dipanggil Nina, adalah seorang psikolog yang memiliki minat besar terhadap dunia keluarga. Meraih gelar Sarjana Psikologi dari Universitas Indonesia pada tahun 1999, dan lulus sebagai Psikolog lewat Program Pendidikan Profesi Psikolog Universitas Indonesia tahun 2001. Kehausannya akan ilmu psikologi membuatnya kembali menuntaskan Program Magister Ilmu Psikologi Peminatan Psikologi Perkembangan di tahun 2011 dari Universitas Indonesia.

Dalam prakteknya sehari-hari, ia menangani klien-klien yang memiliki masalah dalam kehidupan keluarganya, masalah antar pasangan dalam pernikahan, persiapan pernikahan, juga menangani berbagai masalah perkembangan anak. Selain praktek, ia juga aktif menulis di berbagai media, kultwit (kuliah lewat twitter), dan menjadi pembicara dalam aneka seminar bertopik perkembangan anak dan keluarga.

Dari pengalaman prakteknya, ia memiliki keprihatinan terhadap beragam masalah dalam pernikahan karena, “Banyak konflik yang terjadi dalam pernikahan sebetulnya dapat diantisipasi sebelum pernikahan terjadi.” Istri dari Teguh Budiman dan ibu dua anak ini merasa bahagia sekali dalam keluarga kecilnya, dan sangat ingin menularkan kebahagiaan hidup berumahtangga kepada sebanyak mungkin orang di sekitarnya.

Nina dapat ditemui di:

  • Klinik Terpadu, Fakultas Psikologi UI, Depok, 021-7888-1150
  • Medicare Clinic, Menara Kadin lantai 27, Jl. HR Rasuna Said, Kuningan, Jak-Sel, 021-527-4556
  • PacHealth, Plaza Indonesia lantai 7, 021-2992-3232 ext 703-704

 

Wulan Ayu Ramadhani, M. Psi, Psikolog, CHt

@wulanayur

Psikolog yang lebih akrab dipanggil Wulan ini merupakan lulusan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia tahun 2006. Minatnya terhadap hubungan interpersonal, terutama perkawinan dan keluarga, membuat Wulan memutuskan untuk mengambil Magister Profesi Klinis Dewasa di Universitas yang sama dan lulus pada tahun 2008.

Setelah lulus, Wulan menjadi Koterapis DR. Adriana Ginanjar, MS, seorang terapis keluarga. Dari situlah ia mulai belajar menangani banyak kasus perkawinan dan keluarga. Berdasarkan kasus – kasus yang Wulan dapatkan, ia melihat banyak sekali inti dari permasalahan dalam perkawinan dan keluarga sebenarnya adalah masalah yang sebenarnya sudah terjadi sejak masa pacaran namun tidak terselesaikan.

Selain kasus perkawinan dan keluarga, Wulan juga menangani kasus yang berhubungan dengan remaja, kekerasan dalam rumah tangga, kekerasan seksual dan trauma dalam hubungan interpersonal.  Trauma – trauma dengan hubungan di masa lalu juga berperan dalam kesiapan seseorang dalam membentuk suatu keluarga. Pengalaman dalam menangani kasus itu lah yang membuat Wulan melihat pentingnya edukasi mengenai pengetahuan dan keterampilan sebelum menikah.

Wulan dapat ditemui di:

  • Klinik Rumah Hati, Jl. Muhasyim VII No.41, Cilandak, Jakarta Selatan.
  • CP : Tasya 0822 9966 4549

 

Ade Novita, SH.

@Ade_Novita

Ade lahir dan besar di Jakarta, namun walau jarang ke Sumatera Barat, darah dan budaya Minang mengalir kuat di dalam dirinya. Mungkin itu yang membuat Ade tertarik mempelajari dan ingin berbuat sesuatu untuk Perempuan Indonesia. Menikah dengan Ari Juliano di tahun 2001, kini mereka memiliki 3 anak.

Lulusan Fakultas Hukum Universitas Indonesia ini, Ade aktif di berbagai organisasi seperti Persatuan Advokat Indonesia (PERADI), Ikatan Sarjana Hukum Indonesia (ISHI), Ikatan Konselor Menyusui Indonesia (IKMI) dan pendukung aktif Yayasan Orangtua Peduli yang menaungi mailing list sehat@yahoogroups.com.

Berawal dari saling bercerita kasus yang dalam kesehariannya sebagai advokat serta konselor menyusui, Ade kini tertarik untuk mengkampanyekan pentingnya persiapan pranikah. Aktif di berbagai milis terkait anak & perempuan saat itu, akhirnya Ade bertemu dengan sekelompok Ibu dan sampai kini tergabung dalam mailing list sehat@yahoogroups.com.

Pengalaman menangani klien yang dalam proses bercerai membuatnya menyadari bahwa ternyata banyak hal yang perlu dipelajari sebelum menikah, terutama mengenai tumbuh kembang anak. Ade percaya bahwa hukum ada dalam sendi-sendi kehidupan manusia, Kombinasi dari ilmu hukum dan ilmu konseling menyusui dan kesehatan anak yang dipelajarinya terus-menerus, membuat Ade aktif mengkampanyekan Hak Anak dan Perempuan Indonesia untuk mendapatkan layanan kesehatan terbaik, rational use of medicine dan patient safety.

Ade Novita dapat ditemui di

  • AN Partnership. Souvereign Plaza Lantai 21. Jl.  TB Simatupang

 

Reliza Arifiani Kodri, SE.Ak., MBA, CFP

@relizakodri

Reliza Arifiani Kodri atau biasa dipanggil Ica, adalah salah satu anggota dari team Pranikah. Besar di Cikampek, karena sang  Ayah bekerja di salah satu perusahaan BUMN di daerah tersebut. Sempat tinggal di Bandung untuk menempuh pendidikan di SMA selama tiga tahun, kemudian melanjutkan kuliah di jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi UI dan seterusnya tinggal di Jakarta.

Berawal dari pekerjaan sebagai Independent Financial Planner di QM Financial, Ica menemukan berbagai macam kejadian ataupun masalah dengan keuangan baik itu pribadi maupun keluarga.   Tak jarang masalah keuangan keluarga ini juga mempengaruhi sehatnya hubungan suami dan istri. Banyak sekali yang ingin Ica bagi supaya sama-sama kita dapat berdaya dan mampu mengelola keuangan dengan baik, sehingga setiap orang yang ingin menikah setidaknya bisa mempersiapkan diri.

Ica menikah dengan teman SMA-nya, Reza Syarifuddin, dan kini memiliki 2 anak. Ica pernah mengalami permasalahan keuangan keluarga akibat penurunan penghasilan sementara kebutuhan rumah tangga justru sedang meningkat. Pengalaman ini menjadikan Ica semakin matang dalam mengelola keuangan rumah tangga, juga lebih mumpuni dalam memberikan saran pengelolaan keuangan rumah tangga bagi para kliennya.

Ica dapat ditemui di:

  • QM Financial. One Wolter Place – Annex Building GF. Jl. Wolter Monginsidi No. 63B,  Jakarta

 

dr. Fransisca Handy, SpA, IBCLC

@fransiscahandy

Lengkapnya ibu dokter ini bernama dr. Fransisca Handy, SpA, IBCLC. Dokter Anak kita yang satu ini lulusan FKUI tahun 2000 dan menyelesaikan Spesialis Anaknya juga di FKUI tahun 2006. Kecintaannya yang besar pada kedokteran pencegahan, dan keyakinannya yang tinggi bahwa ASI adalah upaya kesehatan pencegahan yang hakiki bagi setiap bayi, menghantarnya menjadi konselor menyusui di tahun 2007 dan konsultan menyusui bersertifikat internasional di tahun 2009. Selain sebagai praktisi kesehatan anak, ia juga pernah bekerja di WHO Indonesia (2009-2011) dan terlibat dalam aplikasi pedoman-pedoman WHO di Indonesia.

Dalam praktik sehari-hari, dr. Sisca kerap melihat bahwa anak yang sehat, bertumbuh dan berkembang optimal lahir dari pasangan ayah dan ibu yang belajar dan berdaya. Oleh karena itu adalah kewajiban bagi setiap tenaga kesehatan untuk mencerdaskan para ayah dan ibu dan adalah kewajiban orangtua untuk belajar. Ayah dan ibu adalah tim dokter yang utama bagi anak. Untuk dapat menjadi tim yang kompak, tentulah ayah dan ibu harus menjadi individu yang bahagia dan satu visi-misi. Hal ini sebetulnya sudah harus ada jauh sebelum anak lahir. Inilah yang mendasari keinginan dr. Sisca untuk membentuk gerakan “pra nikah”.

Ibu dari Michael (17 bln) dan Rafa (will be born soon) ini juga sudah melahirkan 2 buah buku: Panduan Menyusui dan Makanan Sehat bayi serta Panduan Cerdas Perawatan Bayi. Kedua buku ini adalah salah satu bentuk kepedulianya untuk memberdayakan para ayah dan ibu. Motonya: Anak sehat dan cerdas lahir dari ASI, MP ASI alami, penggunaan obat rasional dan imunisasi yang lengkap. Untuk dapat memberikan itu semua ayah dan ibu perlu belajar dan berdaya.

dr Sisca bisa ditemui di:

  •  RS Pondok Indah – Puri Indah

 

Alia Febyani Prabandari, Si

@bundamoqtav

Alia yang berdarah Jawa dan Sunda ini lahir di Jakarta, memiliki 21 anak sepersusuan dalam kurun waktu 2010-2012, dimana cerita lengkapnya ada di buku: Indahnya Menjadi Ibu.  Kepeduliannya yang tinggi terhadap masalah generasi penerus bangsa membuatnya aktif di berbagai kegiatan edukasi dan menjadi pejuang ASI, parenting, kesehatan anak dan keluarga. Penyiar berita TVRI 2001-2010 ini tak jarang turun langsung ke daerah bencana untuk menjadi relawan memberikan penyuluhan terhadap ibu-ibu muda korban bencana.

Dengan latar belakang pendidikan bisnis dan marketing dari London School of Public Relations . setelah lulus di akhir th.2001 bekerja di salah satu multinasional company bergerak di bidang advertising, turut membantu membesarkan berbagai merk melalui kegiatan on air dan off air. Saat ini alia membuka usaha sendiri di bidang kuliner dan salah satu dealer lampu sebuah brand international.

Menikah dengan Moh Jumhur Hidayat di th.2007 dan memiliki dua orang putra dan putri.

Percaya bahwa menjadi seorang ibu itu harus cerdas, terus belajar dan senantiasa mengikuti perkembangan. Maka ia aktif mengikuti berbagai seminar menyusui, pengembangan diri perempuan, serta tumbuh kembang dan kesehatan anak pada setiap kesempatan, baik di dalam negeri maupun luar negeri.

 

Pingkan C. B. Rumondor, S. Psi, M. Psi, Psikolog

@pingkancbr

Psikolog yang akrab dipanggil Pingkan ini merangkap sebagai dosen psikologi klinis di Universitas Bina Nusantara. Setelah lulus Sarjana Psikologi dari Universitas Indonesia tahun 2007, ia melanjutkan studi di Magister Profesi Psikologi Klinis Dewasa di Universitas Indonesia dan lulus tahun 2010. Minat terhadap hubungan romantis dan pernikahan mulai muncul di masa akhir perkuliahan dan lahir dalam bentuk tesis mengenai “Intervensi Strategic Hope-Focused Marital Enrichment pada Pasangan di Masa Awal Pernikahan”. Tesis tersebut sekaligus berguna menjawab pertanyaan pribadinya mengenai “Apa yang bisa membantu pernikahan bahaagia dan tahan lama?”.

Minat ini diteruskan dengan mengikuti program magang di Klinik Terpadu Fakultas Psikologi Universitas Indonesia di tahun 2010. Sembari magang, ia dipercaya menjadi dosen untuk rumpun klinis di Universitas Bina Nusantara. Tahun 2011, ia mulai menjadi psikolog associate di Klinik Terpadu Fakultas Psikologi UI yang menangani kasus remaja dan dewasa muda, seperti: dewasa muda dengan isu self esteem, distress pasca putus cinta, dan konflik suami istri.

Kasus yang ditemui di klinik dan pengalaman orang di sekitar membuatnya menyadari pentingnya keseriusan untuk memasuki pernikahan. Oleh karena itu, ia mulai menulis blog mengenai hal-hal yang perlu diketahui sebelum masuk ke pernikahan. Ia juga tertarik meneliti bagaimana memulai pernikahan yang stabil dan memuaskan. Penelitian-penelitiannya diarahkan untuk menjawab “Faktor apa saja yang berperan menentukan kepuasan pernikahan?”. Rencana jangka panjangnya ialah membuat sebuat program persiapan pernikahan dan pengayaan pernikahan (marital enrichment) yang didasari oleh penelitian empiris untuk populasi Jakarta dan sekitarnya.

Pingkan dapat ditemui di:

– Laboratory & Psychological Services, Universitas Bina Nusantara, Kampus Kijang, Jl. Kemanggisan Illir III no. 45, Palmerah, Jakarta Barat, 021-5327630 ext. 2631.

 

MonikFatimah Berliana Monika, ST, MM

@f_monika_b

Monik lahir hingga menyelesaikan S1 nya di Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan ITB (Institut Teknologi Bandung) akhir tahun 2000 di Bandung, kemudian melanjutkan studi S2 nya di Magister Manajemen UI (Universitas Indonesia) lulus pertengahan tahun 2002 di Jakarta. Sebelum lulus program Masternya, Monik meniti karir di salah satu perusahaan Multinational Company yang bergerak di Bidang Fast Moving Consumer Good, hingga menjadi Brand Manager sebuah merk toiletries remaja putri nomor satu di Indonesia saat itu.

Menikah dengan Fahmi Hamim Dereinda di awal tahun 2005 dan saat ini mereka memiliki 2 putra. Monik memutuskan berhenti bekerja di akhir tahun 2005 dan mengikuti suaminya yang sering berpindah-pindah tugas penempatan. Monik mulai tertarik belajar mengenai kesehatan anak dan ASI-menyusui sejak anak pertamanya lahir dan menderita beberapa penyakit yang cukup berat.

Monik akhirnya bergabung dengan mailing list sehat@yahoogroups.com dan pertengahan tahun 2010 bergabung dengan KLASI (Klub Peduli ASI) Bandung Yayasan Orangtua Peduli (YOP) yang secara rutin mengadakan Kelas Edukasi Persiapan Kelahiran & Menyusui serta membantu Ibu yang memerlukan dukungan dalam hal memberikan ASI-menyusui. Untuk menambah pengetahuan dalam hal ASI-menyusui, Monik mengikuti Pelatihan Konseling Menyusui di akhir tahun 2010 dan menjadi Konselor Laktasi sejak awal tahun 2011, aktif memberikan konseling door to door baik di kota maupun di desa sekitar Monik tinggal. Monik merasakan perlunya persiapan dalam hal kesehatan yang memadai sebelum menikah , juga fakta masih rendahnya angka keberhasilan pemberian ASI di Indonesia karena berbagai sebab, yang utama kurangnya informasi yang dimiliki oleh para calon Ayah dan Ibu, menjadi dasar bergabungnya Monik dengan team Pranikah.

Sejak tahun 2012 Monik bersama keluarga tinggal di kota Rochester, New York. Di sana Monik berkesempatan bergabung dengan La Leche League (LLL), organisasi internasional non profit, non sectarian pendukung ASI-menyusui. Tidak lama bergabung dengan LLL Rochester South, Monik segera mengambil program Akreditasi menjadi La Leche League Leader agar akses akan informasi ASI-menyusui terbaru selalu ter-update juga berkesempatan memperluas wawasan dengan para LLL Leader daerah/negara lain serta memberikan konseling langsung kepada Ibu yang membutuhkan.

 

Ibun

@setyabuntoro

Masih satu-satunya pria di kelompok ini, yang sebisa mungkin menjawab hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, agar   kepandaian para nara sumber ini tersampaikan ke para pembaca pranikah sekalian.