Hukum

Pahami segi Hukum dalam mempersiapkan pernikahan.

Keuangan

Cek pengaturan keuangan diri dan pasangan anda.

Medis

Bangun kebiasaan hidup sehat dan cegah penyakit.

Psikologi

Belajar berkomunikasi, memahami diri sendiri dan pasangan.

Umum

Topik-topik yang umum dan kira nya berguna untuk kita ketahui.

Home » Medis

Sehat & Cerdas Kesehatan – Smart Use of Antibiotics

Submitted by on February 14, 2014 – 5:22 pmNo Comment

AB

Temen-temen Pranikah pastinya mencari pasangan yang sehat ,cerdas dan asyik ya, seperti yang sudah dibahas di tulisan “Sehat = Menarik” ini : http://pranikah.org/pranikah/sehat-menarik/ . Nah, kalau temen-temen mau punya pasangan yang sehat , tentunya temen-temen juga perlu juga jadi pribadi yang sehat. Salah satu modal untuk bisa sehat dan tetap sehat, tentunya juga perlu cerdas dan punya wawasan soal kesehatan.

Salah satu hal penting yang perlu diketahui adalah cerdas dalam mengkonsumsi obat-obatan. Berapa banyak dari teman-teman yang pernah minum Antibiotik tanpa resep dokter alias beli sendiri di apotek / toko obat ? Apakah temen-temen tau jenis obat-obatan apa saja yang bisa dibeli bebas (Over the counter product/OTC) vs obat-obatan yang harus menggunakan resep dokter? Dalam artikel kali ini tim kesehatan pranikah akan mengulas sedikit mengenai Antibiotik, salah satu jenis obat yang tidak boleh dibeli bebas alias harus menggunakan resep dokter.

AB_wise

Antibiotik dikenal juga sebagai obat antimikroba, adalah obat yang melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri, jamur dan beberapa jenis parasit tertentu. Jadi, antibiotik tidak dapat digunakan untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh virus. Antibiotik dapat digunakan pada penyakit yang disebabkan infeksi bakteri seperti radang telinga (Otitis media), radang paru (Pneumonia), TB / Tuberkulosis, ISK (Infeksi Saluran Kemih), meningitis, dll.

Masalahnya, penyakit-penyakit “langganan” yang sering diderita umumnya disebabkan disebabkan oleh virus. Pasti temen-temen pranikah paling tidak dalam setahun pernah beberapa kali sakit batuk-pilek, radang tenggorokan dan diare akut yang semuanya disebabkan virus dan bisa sembuh sendiri lho. Tetapi banyak sekali konsumsi obat untuk keluhan-keluhan sehari-hari ini, bahkan ada juga yang baru demam sebentar saja sudah buru-buru minta diresepkan Antibiotik.

Antibiotik dapat membahayakan jika tidak digunakan dengan tepat, tidak tepat di sini bisa 2 macam, yaitu penyakit tersebut tidak perlu diobati dengan Antibiotik (seperti penyakit karena virus) dan juga pemakaian Antibiotik dengan jangka waktu / dosis dan aturan yang tidak sesuai dengan yang seharusnya.

Apa saja sih bahayanya penggunaan Antibiotik yang tidak tepat/rasional ?

  1. Bakteri menjadi resisten / kebal. Akibatnya, saat seseorang terinfeksi bakteri yang sudah resisten akan beberapa macam Antibiotik, maka harus dicari Antibiotik jenis lain. Nah Antibiotik jenis lain ini : Jauh lebih mahal juga terbatas jumlahnya. Nah bagaimana kalau tidak ada Antibiotik yang mempan? Ya.. kemungkinan besar penyakit tersebut tidak bisa disembuhkan. Di sisi lain, pengembangan Antibiotik jenis baru tidak selalu cepat, jadi dunia sedang “berlomba” dengan kuman-kuman yang sudah resisten yang bahkan sudah ada yang diberi nama : Superbugs.
  2. Reaksi alergi terhadap antibiotik umumnya meningkat. Reaksi alergi ini bentuknya bervariasi mulai dari kemerahan pada kulit (rash), pembengkakan jaringan tubuh (edema) hingga kasus-kasus lain yang lebih berat.
  3. Terganggunya bakteri/flora normal yang hidup di usus halus. Akibatnya bisa muncul diare, sering bersendawa ,kembung dan berkembangnya jamur & ragi dalam usus
  4. Tertekannya sistem pertahanan tubuh karena tertekannya jumlah sel darah putih, sehingga kita justru akan semakin sering sakit.

Nah semoga temen-temen Pranikah makin menyadari pentingnya  bertanggungjawab atas kesehatan diri sendiri dan jangan menyerahkan semuanya kepada tenaga kesehatan. Artikel ini ditutup dengan pesan yang sering tim kesehatan Pranikah sampaikan :

Yuk, jadikan diri kita sehat. Jika kita dan pasangan sehat, tentu keluarga yang akan dibangun juga bisa punya kesehatan yang prima.  Sehat tentu bikin kita dan keluarga hepi.

Keluarga sehat, maka Indonesia sehat.

Salam sehat!

Tags: ,

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.


5 + = 8