Hukum

Pahami segi Hukum dalam mempersiapkan pernikahan.

Keuangan

Cek pengaturan keuangan diri dan pasangan anda.

Medis

Bangun kebiasaan hidup sehat dan cegah penyakit.

Psikologi

Belajar berkomunikasi, memahami diri sendiri dan pasangan.

Umum

Topik-topik yang umum dan kira nya berguna untuk kita ketahui.

Home » Umum

Menikah harus bisa memasak ?

Submitted by on February 1, 2013 – 6:24 pmNo Comment

Menikah harus bisa memasak ?

memasakIni adalah pertanyaan yang cukup sering ditanyakan, terutama bagi para perempuan, terlebih di jaman konsumtif dan instan sekarang ini.

Mari kita pikirkan bersama.  Memasak seyogyanya adalah sebuah ketrampilan hidup (life skill) yang diperlukan oleh setiap orang karena ini adalah kebutuhan dasar setiap manusia setiap harinya.  Keluarga adalah tempat di mana setiap individu belajar segala hal, termasuk belajar pola makan yang sehat.  Memasak menjadi amat penting ketika anak lahir. Dapatkan seseorang belajar bagaimana pola makan yang sehat dan baik, bila tidak ada kegiatan memasak di keluarganya?

Mari kita pertimbangkan beberapa hal berikut:

  1. Memasak dapat menyajikan makanan segar sehat berkualitas bagi keluarga kita, dengan bahan pangan yang kita pilih sendiri, kita kelola sendiri kebersihanya dan sebagainya.
  2. Memasak sendiri menghindari kita dari penggunaan bahan pengawet, penyedap, pewarna   yang kerap kita jumpai pada makanan instant atau makanan yang kita beli di luar rumah.
  3. Memasak bisa menjadi alternatif kegiatan bersama dalam keluarga yang menyenangkan dan bermanfaat
  4. Adanya budaya memasak di rumah mengajarkan dan membiasakan pada anak untuk menyediakan kebutuhan makan secara mandiri.
  5. Budaya memasak menumbuhkan sikap hidup hemat.

Jelas sekali, bahwa memasak adalah kegiatan penting dalam keluarga, namun bukan berarti ini adalah tanggung jawab perempuan.   Memasak dapat dipelajari oleh siapa pun, tidak perlu “jago” tapi paling tidak dapat melakukan hal-hal yang dasar. Tidak penting siapa yang membiasakan budaya memasak di rumah, bisa ayah maupun ibu.  Memasak adalah ketrampilan hidup. Siapapun dapat membudayakanya di dalam keluarga.  Yuk, belajar memasak ! J

Tags: , ,

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.


6 + = 14