Hukum

Pahami segi Hukum dalam mempersiapkan pernikahan.

Keuangan

Cek pengaturan keuangan diri dan pasangan anda.

Medis

Bangun kebiasaan hidup sehat dan cegah penyakit.

Psikologi

Belajar berkomunikasi, memahami diri sendiri dan pasangan.

Umum

Topik-topik yang umum dan kira nya berguna untuk kita ketahui.

Home » Psikologi

Gaya Attachment

Submitted by on February 1, 2013 – 6:49 pmNo Comment

attachmentMenurut Bartholomew (1990, dalam Miller, 2012), ada 4 gaya attachment yang dialami oleh orang dewasa, dan gaya tersebut dapat menentukan bagaimana ia berhubungan dengan pasangan atau orang lain. Berikut ini gaya attachmentnya. Coba cek yang mana gaya Anda:

1.       Secure: Mudah merasa dekat dengan orang lain, merasa nyaman untuk tergantung kepada orang lain, juga nyaman ketika orang lain tergantung kepada Anda. Anda merasa oke saja kalau harus sendirian tanpa orang lain, tak terlalu terpengaruh kalau ada orang lain yang tak menyukai Anda. Jika Anda punya gaya attachment yang secure, maka hubungan jauh lebih mudah dibina karena Anda bisa merasa percaya kepada pasangan dan bisa dipercaya pula.

2.       Preoccupied: Ingin merasa sangat dekat dengan orang lain, tapi orang lain tak selalu bisa mendekat seperti apa yang Anda inginkan. Merasa tidak nyaman kalau sendirian, inginnya selalu punya teman atau pasangan, terkadang khawatir kalau orang lain tak menghargai Anda sebesar penghargaan Anda kepada mereka. Anda yang memiliki pola attachment seperti ini cenderung merasa terus khawatir dan sulit percaya, padahal kekhawatiran Anda kadang mengganggu pasangan lho.

3.       Fearful: Merasa tidak nyaman ketika dekat dengan orang lain, khawatir kedekatan dengan orang lain akan melukai perasaan Anda. Ingin punya hubungan yang dekat secara emosional, tapi merasa sulit untuk percaya dan tergantung pada orang lain. Anda mungkin terlihat sangat mandiri sekaligus sangat penuntut, sehingga dapat membuat pasangan merasa tak nyaman berdekatan dengan Anda.

 4.       Dismissing: Sangat mementingkan kesendirian, tak suka diganggu. Anda merasa baik-baik saja tanpa orang lain, dan tak terlalu peduli pada orang lain. Anda mungkin terlihat sangat mandiri, sehingga pasangan merasa tidak dibutuhkan, dan akhirnya malas berhubungan dengan Anda.

Ingat, tak perlu salahkan masa lalu, Anda bisa memilih untuk bahagia!

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.


− 4 = 0