Umum »

Mengenal Lebih Jauh tentang Koalisi 18+

July 11, 2014 – 5:04 pm | No Comment

Apa itu Koalisi 18+?
Koalisi 18+ adalah inisiatif gerakan sosial yang bertujuan untuk untuk menghentikan perkawinan anak dan kawin paksa di usia muda di Indonesia.
Kenapa Perkawinan Anak Perlu Dihentikan?
Menghentikan Perkawinan Anak dan Kawin Paksa di usia …

Read the full story »
Hukum

Pahami segi Hukum dalam mempersiapkan pernikahan.

Keuangan

Cek pengaturan keuangan diri dan pasangan anda.

Medis

Bangun kebiasaan hidup sehat dan cegah penyakit.

Psikologi

Belajar berkomunikasi, memahami diri sendiri dan pasangan.

Umum

Topik-topik yang umum dan kira nya berguna untuk kita ketahui.

Psikologi »

Rahasia Pernikahan Bahagia

October 2, 2013 – 12:45 pm | No Comment

MP900442372-300x199

Apa sih kriteria utama kamu untuk pasangan hidup ideal? Baik hati? Jujur? Pekerja keras? Ganteng? Cantik dan berambut panjang? Atau jangan-jangan belum terpikir pasangan seperti apa yang bisa bikin kamu berkata “I want to spend my life time loving you”.

Kalau memang belum tahu, tenang saja.. Artikel ini ditulis untuk kamu.

article-2277586-1788FDAA000005DC-51_468x434

Rahasia Pernikahan Bahagia

Dalam obrolan di group bbm tentang ‘memilih pasangan hidup’, teman saya yang sudah menikah empat tahun dan bahagia dengan pernikahannya, mengingatkan ke teman saya yang single:

“jangan lupa lihat visi hidupnya, sama gak sama lo. Bisa gak dia mendukung lo untuk ngelaksanain visi lo itu”

Read the full story »

Medis »

Peduli Kesehatan Calon Buah Hati? Lengkapi Imunisasi Dewasanya

April 28, 2014 – 7:33 am | No Comment

immunization

Apa sih hal penting yang perlu dipersiapkan sebelum menikah? Yang sering terlewatkan itu Cek kesehatan sebelum menikah. Tim kesehatan Pranikah sudah membahasnya di tulisan ini :

cek-kesehatan-sebelum-menikah

Salah satu hal yang paling penting dalam daftar cek kesehatan sebelum menikah (disebut juga Pre marital / Pre conception screening) adalah melengkapi Imunisasi dewasanya. Yuk intip tulisan ahli vaksin Indonesia , dr. Dirga Sakti Rambe, M.Sc-VPCD , (Anggota Satgas Imunisasi Dewasa PAPDI) mengenai Imunisasi sebagai persiapan kehamilan ini :

vaksinasi-sebagai-persiapan-kehamilan

Salah satu vaksin yang paling penting untuk dilengkapi paling tidak 1 bulan sebelum kehamilan adalah Vaksin MMR yang melindungi calon Ibu dari penyakit : Measles / Campak, Mumps / Gondongan & Rubella / Campak jerman. Apa sih resikonya bila Ibu yang sedang hamil menderita penyakit-penyakit yang seharusnya bisa dicegah dengan Imunisasi MMR ? Simak penjelasan berikut :

  1. Apabila Ibu yang sedang hamil menderita campak, resikonya bisa terjadi keguguran, stillbirth (kematian janin saat usia kehamilan 20 minggu atau lebih), atau kelahiran premature (< 37 minggu).
  2. Ibu hamil yang terinfeksi mumps / gondongan di trimester pertama kehamilan maka bisa beresiko keguguran.
  3. Sementara bila Ibu mengalami infeksi Rubella pertama kali saat trimeters pertama kehamilannya maka bayi kelak dapat menderita SRK (Sindroma Rubella Kongenital) . Seperti yang dijelaskan dr dirgarambe berikut : “Infeksi virus Rubella yang bermanifestasi sebagai Sindroma Rubella Kongenital (SRK). Gejala SRK berupa ketulian, kelainan sistem penglihatan, dan kelainan jantung kongenital.”

Rubella Syndrome

Nah pada kesempatan kali ini, seorang Ibu dari anak penderita SRK ingin berbagi kisah dengan teman-teman Pranikah semua. Semoga kisah ini makin menguatkan keyakinan teman-teman Pranikah akan pentingnya pencegahan dengan cara melengkapi Imunisasi dewasanya.

“ STOP CAMPAK JERMAN ( RUBELLA ) oleh Yunellia Bhakti
Tulisan ini diperuntukkan untuk : Para Orang Tua dan Pasangan Yang Akan Menikah

 

Children are the world’s most valuable resources and its best hope for the future  John Fitzgerald Kennedy

Kalimat bijak  ini memberi saya inspirasi untuk menulis catatan kecil di hari ulang tahun putra kedua saya yang ke-5, Zikra Nadhifsyah (Nadhif), anak dengan SRK (Sindrom Rubella Kongenital / Bawaan). Juga merupakan janji kepada diri saya sendiri bahwa keputusan saya dan suami untuk mempertahankan Nadhif sejak dalam kandungan dapat bermanfaat untuk Nadhif sendiri, keluarganya dan orang-orang di lingkungannya, apalagi walau sudah  6 tahun berlalu penanganan campak jerman /rubella oleh pemerintah belum ada sehingga kasus bayi dilahirkan dengan  sindrom rubella bawaan tetap ada. Harapan saya dan suami suatu saat pemerintah membuat program pencegahan campak Rubella baik pada anak dan khususnya calon ibu dengan imunisasi MMR secara nasional.

Enam tahun yang lalu, tepatnya tanggal 18 Oktober 2007 pukul 01.40 dini hari Nadhif lahir di Makassar dengan berat badan 3,3 kg  dan panjang 48 cm.   Setelah menjalani  berbagai pemeriksaan medis di bulan pertama usianya, diketahui bahwa:
Mata kiri :  katarak.
Telinga : tuli berat
Jantung : Atrial Septal Defer (jantung bocor) 6 mm dan Pulmonary Valve Stenosis/PS valvular ringan (penyempitan) 40,7 mmHg
Otak :menunjukkan  tanda-tanda  encephalopatya  dan atropi cerebral yang menyebabkan keterlambatan perkembangan motorik
Hati : SGOT SGPT di atas normal.

Sembilan bulan sebelumnya di awal kehamilan saya mengalami demam ringan dan ruam kulit di tangan, dada, perut dan punggung. Saya langsung berkonsultasi ke dokter kandungan karena saya khawatir saya sudah terlambat haid beberapa hari  dan minta surat pengantar untuk tes TORCH.  Apa yang saya khawatirkan terjadi, saya hamil dan positif terinfeksi virus rubella.    Kenyataan yang sangat berat buat saya dan suami, apalagi sebelum merencanakan kehamilan kedua  saya  pernah meminta vaksin MMR (Measles, Mumps, Rubella)  untuk mencegah rubella pada dokter kandungan tersebut, tetapi saya lupa tepatnya jawaban dokter tersebut, intinya dokter tersebut tidak menganggap vaksin MMR sesuatu yang sangat penting, mungkin karena kasusnya tidak banyak dan jarang dipublikasikan,  sehingga saya sebagai orang awam  tidak berusaha untuk mendapatkan vaksin  MMR di dokter lain.  Sempat saya dan suami sampaikan niat kami untuk tidak meneruskan kehamilan saya karena resiko cacat pada janin kepada dokter kandungan tersebut, tetapi beliau menjawab bahwa itu tidak sesuai dengan kode etik kedokteran dan dilarang agama.  Saat itu kondisi saya dan suami sangat terpukul, kami berusaha untuk ikhlas dan menyerahkan semua ini kepada Allah SWT. Kami juga berniat untuk berkonsultasi ke dokter kandungan lain untuk mencari second opinion, tetapi rasa takut bersalah menyebabkan kami tidak jadi melakukannya. Ya, Nadhif memang harus lahir ke dunia.

Alhamdulillah, kondisi Nadhif dengan beberapa kekurangannya saat ini sehat, setelah berkonsultasi dengan berbagai dokter spesialis dan menjalani berbagai terapi yang sangat banyak memakan waktu, tenaga dan tentu saja dana. Nadhif mulai menggunakan alat bantu dengar umur 3 bulan, operasi katarak umur 16 bulan. Mampu duduk sendiri umur 15 bulan dan berjalan umur 20 bulan. Untuk jantung, alhamdulilah ASD menutup sendiri  pada usia 3 bulan, untuk PS harus  dipantau tiap tahun. Saat ini Nadhif bersekolah di TK B senang mengggambar, menulis, membaca kata-kata sederhana,  dan bisa penjumlahan sederhana. Untuk bahasa,  sudah mengerti perintah sederhana, sudah lebih dari 100 kosa kata yang dia mengerti dan ucapkan walaupun masih jauh dari sempurna.  Perjuangan Nadhif masih sangat panjang agar bisa sama seperti anak normal seusianya, dengan terus berusaha dan berdoa. Semoga Allah mengizinkan Nadhif dengan segala kekurangan dan kelebihannya agar bisa seperti anak normal lainnya dan mandiri. Amin.

Dari pengalaman ini, saya ingin berbagi kepada orang-orang di lingkungan saya dan masyarakat, bahwa rubella sangat penting dicegah karena menyangkut masa depan seorang anak. Saya berharap kasus SRK (Sindrom Rubella Kongenital / Bawaan) seperti Nadhif tidak ada lagi di Indonesia. Pencegahan rubella dilakukan dengan imunisasi MMR.  Saya sarankan kepada pasangan yang akan menikah atau berencana memiliki anak,  juga kepada para orang tua yang memiliki anak, untuk mempertimbangkan imunisasi MMR ini.

Untuk bayi yang lahir dengan sindrom rubella kongenital (CRS) harus ditangani secara khusus oleh para dokter ahli.  Semakin banyak kelainan bawaan yang disandang akibat infeksi rubella ini, semakin besar pengaruhmya pada proses tumbuh kembang anak.  Pemeriksaan  (screening) sejak lahir  secara dini dan pemantauan secara berkala segala aspek dari tumbuh kembang anak, serta  terapi yang tepat akan memperbesar  kemungkinan anak untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih optimal.  Layanan ini bisa didapat di unit Tumbuh Kembang Anak di rumah sakit.”

Sekian sharingnya, semoga makin menguatkan teman-teman Pranikah agar memperhatikan kelengkapan Imunisasi dewasanya sebelum menikah. Silahkan lihat kembali gambar di bawah mengenai Rekomendasi Imunisasi Dewasa :

daftar imunisasi

Yuk, jadikan diri kita sehat. Jika kita dan pasangan sehat, tentu keluarga yang akan dibangun juga bisa punya kesehatan yang prima.  Sehat tentu bikin kita dan keluarga hepi.

Keluarga sehat, maka Indonesia sehat.

Salam sehat!

Sehat & Cerdas Kesehatan – Smart Use of Antibiotics

February 14, 2014 – 5:22 pm | No Comment

Temen-temen Pranikah pastinya mencari pasangan yang sehat ,cerdas dan asyik ya, seperti yang sudah dibahas di tulisan “Sehat = Menarik” ini : http://pranikah.org/pranikah/sehat-menarik/ . Nah, kalau temen-temen mau punya pasangan yang sehat , tentunya temen-temen …

Sehat = Menarik

December 18, 2013 – 9:18 am | No Comment

Mau punya pasangan yang okeh? Mau punya pasangan yang sehat, pinter dan asyik? Siapa sih yang gak mau ?
Tapi… kira-kira jomblo2 dengan kualitas seperti itu akan memilih pasangan yang seperti apa ya? Tentunya yg “selevel” …

I Message

November 27, 2013 – 8:13 am | No Comment

Bayangkan ketika pasangan Anda kembali lagi mengulangi kesalahan yang sama, tentu mengesalkan bukan? Di antara pilihan di bawah ini, yang mana kiranya yang akan Anda katakan kepadanya?

Kamu selalu deh mengulang lagi kesalahan ini!
Saya sedih kamu …

Kenal Lebih Dekat Dengan Toksoplasma

October 2, 2013 – 12:00 pm | No Comment

Pernah dengar kalau kucing penyebab tokso? Bagaimana dong calon ternyata penggemar kucing, apakah berbahaya nantinya jika ia hamil? Pelajari toksoplasma supaya tenang dan tidak perlu mengusir si kucing lucu dirumah.

Tunjukkan Cinta Dengan Jauhi Seks Bebas

September 18, 2013 – 5:39 pm | No Comment

Sayang dengan pacar? Sayang dengan diri sendiri? Jangan menjerumuskan diri sendiri dalam masalah yang rumit, terlebih melibatkan makhluk kecil tidak berdosa. Bagaimakah perasaan orang tua jika hal ini terjadi? Hindari seks bebas dan berbahagialah saat menyambut kehadiran makhluk kecil di dunia ini karena kehadirannya telah dipersiapkan dan dinaungi oleh pernikahan.

Cek Kesehatan Sebelum Menikah

September 8, 2013 – 11:29 am | One Comment

Siap-siap menikah? Selain gedung, katering, gaun, undangan apa lagi ya? Jangan lupakan pre marital check up atau pemeriksaan kesehatan sebelum menikah. Emang penting? Selama ini tidak ada keluhan kok? Nah baca dulu artikel ini yuk, ternyata banyak yang perlu dipahami sebelum menikah sehubungan kesehatan pasangan masing-masing.

ASI & MENYUSUI : TERBAIK UNTUK KELUARGA

August 26, 2013 – 11:39 am | No Comment

oleh F B Monika
Walaupun kampanye mengenai ASI & menyusui sudah makin meluas di beberapa tahun terakhir ini, sayangnya masih banyak Ayah dan Ibu yang belum paham mengapa ASI & Menyusui adalah yang terbaik tidak hanya …

Teratogen, si Jahat yang Merusak Janin

August 6, 2013 – 10:07 am | No Comment

Pernah berkenalan dekat dengan teman yang difabel (different ability people)? Jika pernah, tentu Teman Pranikah tahu betapa banyaknya kesulitan yang mereka alami dalam menjalani kehidupan sehari-hari akibat banyak fasilitas di negara kita yang kurang ramah …